Translate

3 Pesawat Siap Halau Hujan Saat SEA Games

LuckyDelapan News


Pemerintah Sumatera Selatan meminta hujan dialihkan demi SEA Games. DKI belum.

RABU, 2 NOVEMBER 2011, 19:43 WIB
Elin Yunita Kristanti, Nur Eka Sukmawati
VIVAnews -- Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menyiapkan tiga buah pesawat dan mobile radar untuk memantau gerakan awan di Palembang, khususnya di kompleks Stasion Jakabaring.

"Karena sudah menganalisis berbagai perubahan cuaca, potensi pengendalian hujan selama pertandingan olahraga berlangsung bisa dilakukan," jelas Kepala Unit Pelaksana Teknis Hujan Buatan BPPT, Samsul Bahri di Gedung BPPT, Jakarta, Rabu 2 November 2011.

Meski gangguan nonteknis akibat musim hujan mengancam, namun panitia pelaksanaan SEA Games sudah mengantisipasinya dengan membuat rekayasa cuaca.

"Kami sudah persiapkan semua peralatan sehingga hujan di area Jakabaring bisa dihalau," jelasnya.

Pencegahan hujan dilakukan sejak 24 Oktober sampai 25 November di sekitar langit kompleks Stadion Jakabaring. Caranya, dengan menembakkan zat garam ke awan yang berpotensi menjadi hujan dan menggiringnya agar jatuh di luar lokasi.

"Kami melakukan ini atas permintaan panitia pelaksana dan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan," tuturnya.

Pemberian pelayanan teknologi mengontrol cuaca ini merupakan bentuk pengabdian teknologi kepada bangsa dan negara.

Samsul mengaku tidak belum ada permintaan khusus dari Pemerintah DKI Jakarta untuk melakukan rekayasa teknologi untuk menghalau hujan seperti di Palembang.

"Untuk di Palembang kami sudah diajak berkoordinasi sejak lama dan dipersiapkan secara matang. Tapi, tidak untuk di Jakarta," beber Samsul.

Samsul mengingatkan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta agar meniru langkah Pemprov Sumatera Selatan dengan mengadakan rekayasa teknologi pengendali hujan. Pasalnya, berdasarkan analisis cuaca yang dilakukan BMKG, selama dua pekan ke depan terjadi peningkatan curah hujan.

"Lebih baik DKI meniru langkah Palembang sebab ini mempertaruhkan nama baik bangsa. Jangan sampai terjadi hujan yang mengganggu jadwal olahraga," saran Samsul. (sj)
• VIVAnews

0 comments:

Post a Comment

For friends of bloggers who frequently read articles in this blog, please Copy / Paste and share it anywhere you like. However, if acceptable please indicate the source of the articles link blogger friend share (copy / paste). Let Share information for us all, because now the information is easily obtained, and this blog is one source of reliable information, becauseof the already trusted sources,


Reading is one of the best ways to get information
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...