Translate

Mobil swatantra Toyota

• LuckyDelapaNews


Terbaru  5 Januari 2013 - 14:41 WIB
teknologi ITS Toyota
Teknologi mobil berjalan sendiri tanpa supir dinilai akan meminimalkan kecelakaan mobil.
Toyota akan memamerkan mobil dengan teknologi berjalan sendiri tanpa supir dalam Consumer Electronics Show (CES)di Las Vegas, pekan depan.
Produsen mobil asal Jepang itu telah mengunggah sebuah klip video yang menayangkan sebuah Lexus dengan desain fitur keamanan untuk meminimalkan mobil bertabrakan.
Teknologi ini termasuk radar dan kamera video untuk memonitor jalanan, lingkungan sekitar dan pengemudinya.
Mobil ini juga bisa berkomunikasi dengan kendaraan lainnya, demikian menurut juru bicara Toyota.
''Kami mencari sebuah mobil yang bisa menghilangkan benturan,'' kata juru bicara Toyota.
''Nol tabrakan adalah tujuan utama kami.''

Membantu pengemudi

Dalam tayangan video menunjukkan sebuah purwarupa Lexus LS yang dipasang dengan apa yang digambarkan Toyota sebagai sebuah ''Sistem Transportasi Pintar'' atau teknologi ITS.
"Belum sempurna, tetapi kajian keamanan mobil aktif kami memimpin industri dalam sebuah era otomatis yang baru."
Toyota
Penggunaan ITS dalam purwarupa ''kendaraan dengan keamanan aktif canggih,'' dan teknologi Toyota yang ada saat ini untuk memonitor apakah pengemudi dalam keadaan sadar untuk tetap menjaga mobil di jalan, dan untuk berhenti di sinyal lalu lintas.
Teknologi ini didesain untuk digunakan di persimpangan jalan dengan seorang pengemudi, tetapi mobil ini juga bisa mengontrol dirinya sendiri.
Serangkaian rambu optik di pinggir jalan bisa mendeteksi posisi pejalan kaki dan rintangan lainnya, dan menyiarkan informasi ke mobil purwarupa untuk mengetahui apakah lampu lalu lintas dalam keadaan merah atau hijau.
Mobil ini juga bisa secara independen memonitor posisi pejalan kaki.
''Belum sempurna, tetapi kajian keamanan mobil aktif kami memimpin industri dalam sebuah era otomatis yang baru,'' tulis Toyota dalam Twitter resmi mereka.
Toyota juga mengembangkan teknologi yang bisa membuat mobil berkomunikasi dengan telepon pintar pengemudi untuk menambah fitur realitas.
Hal ini akan membuat mobil tahu tentang tempat jalan yang dilalui, contohnya bisa memberikan rekomendasi restoran yang ada di depannya, kata juru bicara Toyota.
Toyota merupakan salah satu dari perusahaan teknologi dan pabrikan mobil yang melakukan kajian kendaraan swatantra atau berjalan tanpa dikemudikan oleh orang.
Pabrikan lainnya, Audi, juga akan menunjukkan sebuah mobil yang bisa parkir sendiri di ajang CES mendatang.
Demikian halnya dengan Volvo yang juga tengah melakukan uji kendaraan berjalan sendiri di jalanan di Spanyol.
Kendaraan berjalan sendiri bisa meningkatkan secara drastis keamanan di jalan, demikian menurut Prof Paul Newman, yang mengepalai proyek mobil otomatis di Universitas Oxford.
"Komputer akan lebih waspada. Mereka tidak akan terganggu,'' kata Prof Newman.
Sistem mobil bisa direkayasa sehingga kegagalan sistem tidak akan menyebabkan kecelakaan, tambahnya.


  • LuckyDelapaNews

0 comments:

Post a Comment

For friends of bloggers who frequently read articles in this blog, please Copy / Paste and share it anywhere you like. However, if acceptable please indicate the source of the articles link blogger friend share (copy / paste). Let Share information for us all, because now the information is easily obtained, and this blog is one source of reliable information, becauseof the already trusted sources,


Reading is one of the best ways to get information
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...