Translate

Nuklir Korea Utara Ancam Amerika Serikat

• ParadiseBOX


Korut tidak gentar walaupun dikecam dan disanksi oleh PBB.

ddd

Tentara Korea Utara berjaga di peluncuran roket Unha-3
Tentara Korea Utara berjaga di peluncuran roket Unha-3(REUTERS/Bobby Yip)


VIVAnews - Pemerintah Korea Utara tetap membandel setelah PBB secara mufakat memperluas sanksi ekonomi terhadap negara itu. Korut malah mengatakan tetap akan melakukan uji coba roket dan nuklir yang mengancam keselamatan Amerika Serikat.

Diberitakan ABC News, Kamis 24 Januari 2013, Komisi Pertahanan Nasional Korut mengeluarkan pernyataan yang menunjukkan bahwa mereka tidak gentar terhadap sanksi PBB dan ancaman AS.

Pemerintah Barack Obama adalah pendukung utama sanksi baru atas Korut. "Menyelesaikan masalah dengan AS perlu dengan kekerasan, bukan kata-kata, sesuai dengan hukum rimba," tulis Korut.

"Kami tidak menyembunyikan fakta bahwa beberapa satelit dan roket jarak jauh yang akan kami tembakkan dan uji coba nuklir kapasitas tinggi itu untuk mengincar Amerika Serikat," lanjut pernyataan Korut lagi.

Sebelumnya pekan lalu, PBB sepakat mengecam dan melancarkan sanksi terbaru atas Korut yang meluncurkan roket beberapa waktu lalu. Korut berdalih, roket itu untuk tujuan penelitian dan pengiriman satelit cuaca. Namun Barat menuduh Korut melakukan uji coba rudal balistik yang terlarang berdasarkan resolusi PBB.

Menteri Pertahanan AS Leon Panetta mengatakan bahwa AS tidak melihat adanya gelagat Korut akan segera melakukan uji coba nuklir. Namun, ujarnya, AS selalu bersiaga untuk kemungkinan terburuk.
"Sejujurnya, mereka punya kemampuan untuk membuat kita bingung apakah mereka benar melakukan uji coba ini atau tidak. Tapi pemerintah AS bersiap untuk segala macam provokasi dari Korut," kata Panetta.

Tidak jelas kapan dan dimana Korut akan melakukan uji coba berikutnya. Juru bicara Gedung Putih Jay Carney mengatakan uji coba nuklir hanya akan semakin menambah isolasi terhadap Pyongyang.

"Pernyataan Korea Utara sangat provokatif, dan pengujian merupakan pelanggaran besar pada resolusi Dewan Keamanan PBB," kata Carney.

© VIVA.co.id   |


  • ParadiseBOX

0 comments:

Post a Comment

For friends of bloggers who frequently read articles in this blog, please Copy / Paste and share it anywhere you like. However, if acceptable please indicate the source of the articles link blogger friend share (copy / paste). Let Share information for us all, because now the information is easily obtained, and this blog is one source of reliable information, becauseof the already trusted sources,


Reading is one of the best ways to get information
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...