Translate

Kunci Meningkatkan Jumlah Sperma Berkualitas

• ParadiseBOX

ntuk meningkatkan pembuahan dibutuhkan sperma yang berkualitas.

Sel sperma (bioethics.net)
Sel sperma (bioethics.net)

VIVAlife - Penurunan jumlah sperma rata-rata pada pria normal dalam setengah abad terakhir sekitar 40-50 persen. Sehingga, pria masa kini memiliki peluang lebih kecil membuahi sel telur selama konsepsi dibanding para pendahulunya.

Untuk meningkatkan kemungkinan terjadinya pembuahan dibutuhkan banyak sperma yang berkualitas.  Ada beberapa cara yang bisa dilakukan pria untuk meningkatkan jumlahnya. 

Berhenti merokok dan minum alkohol
Merokok merusak kualitas dan pergerakan sperma. Seperti dilansir dari Times of India, rokok memperpendek usia sperma dan dapat menyebabkan perubahan genetik yang berpengaruh buruk pada gen dan keturunan. Alkohol juga menurunkan produksi sperma dan hormon testosteron pada pria.

Berolahraga rutin
Lakukan olahraga teratur dengan intensitas dan durasi moderat dengan pengawasan jika memungkinkan. Latihan fisik yang berlebihan berpengaruh negatif pada kesuburan. Penurunan berat badan berlebihan akan cenderung menyebabkan ketidakseimbangan hormon testosteron/estrogen.

Menu bergizi

Makan makanan bergizi yang rendah lemak dan tinggi protein, sayuran dan biji-bijian, serta kurangi asupan kafein. Hindari pula penggunaan pelumas secara berlebihann karena dapat menyebabkan kematian sperma.

Hindari menyimpan ponsel di kantung celana 

Jangan menyimpan ponsel di kantung celana, atau menaruh laptop di pangkuan. Suhu tinggi akan membuat testis terekspos panas terlalu banyak dan mempengaruhi produksi sperma. Namun sesekali mandi uap atau spa tidak menimbulkan efek negatif.

Kenakan pakaian longgar

Pakaian yang ketat meningkatkan suhu di sekitar testis sehingga menurunkan produksi sperma. Pakaian longgar mempertahankan suhu testis lebih dingin daripada suhu tubuh.

Relaksasi
Yoga dan meditasi dapat mengurangi tingkat stres. Selain kesehatan fisik, keseimbangan kesehatan mental akan  meningkatkan kesuburan pria.

Penggunaan obat tertentu

Asupan steroid anabolik harus berdasar resep dokter, karena dapat menyebabkan azoospermia yaitu pria menghasilkan sperma tak lengkap atau tidak ada sperma sama sekali.

Penuhi kebutuhan vitamin dan mineral 

Asup vitamin seperti Vitamin C, Vitamin A, Vitamin E dan Zinc secara teratur. Vitamin dan mineral tertentu dapat mengurangi Reactive Species Oxygen (ROS) dalam air mani dan membantu memelihara sperma normal serta mencegah penggumpalan sperma.

Seks teratur
Hubungan intim penting menjaga agar fungsi kesehatan seks tetap baik. Hubungan seks secara rutin mengurangi kemungkinan infeksi dan meningkatkan kesuburan.

• ParadiseBOX

0 comments:

Post a Comment

For friends of bloggers who frequently read articles in this blog, please Copy / Paste and share it anywhere you like. However, if acceptable please indicate the source of the articles link blogger friend share (copy / paste). Let Share information for us all, because now the information is easily obtained, and this blog is one source of reliable information, becauseof the already trusted sources,


Reading is one of the best ways to get information
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...