Translate

Benua mikro kuno ditemukan

• ParadiseBOX

Terbaru  25 Februari 2013 - 17:27 WIB
Globe dunia
India dan Madagaskar di zaman dulu berdempetan meskipun sekarang dipisahkan oleh laut.
Tim arkeolog mengatakan mereka menemukan pecahan-pecahan "Mauritia", benua mikro kuno yang diperkirakan terbentuk sekitar 61-83 juta lalu dan terpendam di Lautan India.
Mereka menemukan pecahan-pecahan ketika melakukan penelitian tentang butiran pasir di Mauritius. Para arkeolog menemukan mineral-mineral yang umurnya jutaan tahun lebih tua dari perkiraan.
Pasir yang diteliti mengandung zircon kuno yang berumur antara 660 hingga dua miliar tahun.
Tim peneliti mengatakan pecahan-pecahan berasal dari jalur tanah yang pecah antara 61 hingga 83 juta tahun lalu ketika daratan Madagaskar pecah dari daratan India.
Meskipun sekarang India dan Madagaskar terpisahkan oleh lautan sejauh ribuan kilometer, India pada zaman dulu terletak di sebelah Madagaskar.
Para peneliti yakin pecahan-pecahan dan mineral itu merupakan bukti adanya potongan benua atau benua mikro yang sebelumnya terletak di antara India dan Madagaskar.
Penemuan pecahan-pecahan mineral kecil dianggap sebagai penemuan penting karena sebelumnya terpendam di pasir yang terbawa ke permukaan bumi akibat aktivitas gunung.
Penemuan tim arkeolog ini dimuat di jurnal Nature Geoscience.

• ParadiseBOX

0 comments:

Post a Comment

For friends of bloggers who frequently read articles in this blog, please Copy / Paste and share it anywhere you like. However, if acceptable please indicate the source of the articles link blogger friend share (copy / paste). Let Share information for us all, because now the information is easily obtained, and this blog is one source of reliable information, becauseof the already trusted sources,


Reading is one of the best ways to get information
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...