Translate

12 Great News Yang Akan Hadir Di Tahun 2012

LuckyDelapan News.


Dari hotel ruang angkasa sampai olimpiade di London.


#1 Hotel Ruang Angkasa Mulai Dibuka

Paket liburan hanya untuk tiga orang. Ongkos menginap tiga hari Rp 40 miliar.

JUM'AT, 30 DESEMBER 2011, 18:56 WIB
Muhammad Firman

Hotel luar angkasa, Galactic Suite Space Resort  
BERITA TERKAIT
VIVAnews--November 2009, Galactic Suite, perusahaan penerbangan antariksa asal Spanyol mengumumkan dimulainya sebuah proyek unik, konstruksi ‘hotel’ luar angkasa, Galactic Suite Space Resort. Xavier Claramunt, direktur perusahaan menyatakan, hotel itu akan terealisasi dalam 3 tahun.

Sejumlah pakar mencibir. Rencana dan anggaran pembangunan hotel dinilai tak masuk akal. Apalagi Claramunt hanya menyebutkan biaya pembangunan hotel sekitar 3 miliar euro (sekitar Rp35,6 triliun) itu dipasok oleh investor anonim.

Namun Claramunt serius. Pertengahan Desember 2011, ia memastikan tahun 2012 hotel itu akan menerima tamu pertamanya. Sudah ada 45 tamu yang melakukan booking dan 200 lainnya tertarik menginap namun menunggu uji coba.

Meski begitu, liburan di hotel ruang angkasa itu memang hanya untuk orang terpilih. Soalnya, paket liburan ini super mahal. Biaya penginapan 3 hari mencapai US$4,4 juta (sekitar Rp40 miliar). Tamu sendiri diperkenankan menginap selama 4 sampai 6 hari di angkasa.

Biaya di atas sudah termasuk akomodasi selama 8 pekan di sebuah pulau tropis.  Di tempat itu pelancong ke luar angkasa akan menjalani uji kesehatan dan menyelesaikan kursus pelatihan mengembara ke luar Bumi.

Dalam brosur, Galactic Suite Space Resort akan bertempat di antara atmosfir dan sabuk Van Allen (kawasan di antara ketinggian 160 sampai 2000 kilometer), tepatnya di ketinggian 450 sampai 500 kilometer dari permukaan Bumi.

Hotel yang mengitari planet Bumi dengan kecepatan 30 ribu kilometer per jam itu bisa dihuni empat orang tamu dan dua astronot profesional. Mereka bisa melihat matahari terbit dan terbenam hingga sebanyak 16 kali sehari dan mengitari Bumi sekali dalam 90 menit.

Seluruh modul ‘hotel’ yang sebenarnya merupakan stasiun ruang angkasa itu memiliki atmosfir buatan, sistem pengontrol suhu dan produksi energi yang dibutuhkan untuk operasional hotel tersebut.

Rencananya, turis yang akan berangkat ke sana akan menumpang pesawat Virgin Galactic, maskapai penerbangan angkasa milik Richard Branson, miliarder Inggris. Meski begitu, tiket pesawat pulang-pergi yang mencapai senilai US$200 ribu (Rp1,8 miliar) belum termasuk dalam biaya penginapan.(np)
• VIVAnews

#2 Curiosity Mendarat di Mars

JUM'AT, 30 DESEMBER 2011, 19:00 WIB
Muhammad Firman

Curiosity, Rover baru untuk menjelajahi Mars (REUTERS/NASA/JPL)
VIVAnews--Jika tak ada aral melintang, 6 Agustus 2012 mendatang, sebuah pesawat ruang angkasa tiba di permukaan Mars setelah mengarungi ruang angkasa selama 9 bulan dari Bumi. Saat akan mendarat, pesawat itu akan membuka kakinya, menyalakan kamera, serta mengaktivasi roda, mengubah diri dari pesawat menjadi kendaraan penjelajah.

Curiosity namanya. Ia didesain untuk menyelidiki planet terdekat dari kita yang diperkirakan pernah menampung kehidupan layaknya di Bumi. Namun Mars mengalami serangan pemanasan global hebat hingga menjadi planet kering kerontang seperti sekarang. Ia akan melanjutkan pekerjaan Sojourner (mendarat 4 Juli 1997), Spirit, dan Opportunity (mendarat pada Januari 2004).

Tapi Curiosity adalah wahana berbeda. Ia memiliki ukuran sebesar Mini Cooper, punya lengan robot besar, stasiun pemantau cuaca, dan jauh lebih berat dibanding kendaraan penjelajah Mars terdahulu. Ia juga akan melakukan penelitian dengan cara belum pernah dilakukan sebelumnya, yakni penelitian secara real time langsung dari lapangan.

Curiosity juga dilengkapi 10 instrumen yang memungkinkannya menggali, mengebor, bahkan menembakkan laser ke bebatuan untuk menguji susunan kimia tanah dan debu planet Mars. Misi diembannya termasuk membantu ilmuwan memahami lingkungan dan atmosfir planet itu.  Semua informasi itu sangat dibutuhkan untuk persiapan pendaratan manusia ke Mars.

Doug Ming, peneliti di Mars Science Laboratory, menyebutkan NASA punya target mengirim manusia ke Mars, dan membawanya kembali ke Bumi dengan selamat. “Untuk itu, kita perlu mengetahui apa yang ada di permukaan planet itu,” ujarnya.

Curiosity akan memeriksa berapa ketebalan debu planet Mars. Hasil analisanya akan membantu menjawab dua pertanyaan terbesar bagi misi pendaratan manusia di planet itu yakni bagaimana badai pasir akan mempengaruhi kendaraan, dan perangkat yang dibawa ke sana, dan apa efek beracun yang kemungkinan ada di debu tersebut.

NASA sendiri menargetkan mereka akan mengirim manusia ke Mars pada pertengahan 2030-an. Namun, sebelum itu, banyak hal harus dilakukan oleh Curiosity. Misalnya untuk menentukan apakah di sana ada sumber daya yang bisa digunakan memenuhi kebutuhan manusia selama di Mars.(np)
• VIVAnews

#3 Facebook Tembus 1 Miliar Pengguna

Facebook juga akan menjadi pusat integrasi jejaring sosial dan sosialisasi di Internet.

JUM'AT, 30 DESEMBER 2011, 19:06 WIB
Muhammad Firman

Mark Zuckerberg berbicara di depan peserta konferensi F8 (REUTERS/Robert Galbraith)
VIVAnews--Sejumlah lembaga pengamat pasar tak meragukan Facebook akan terus mendominasi industri media sosial. Di tahun 2012 mendatang, situs jejaring sosial besutan Mark Zuckerberg itu akan menembus angka 1 miliar pengguna.

Prediksi ini bukan tanpa dasar. Dalam konferensi F8, akhir September lalu, Zuckerberg mengumumkan Facebook sudah memiliki 800 juta pengguna. Sebagai gambaran, Juli 2011 lalu, penggunanya berada di angka 750 juta.

Tren pertumbuhan jumlah pengguna ini tak main-main. Juli 2010, baru ada 500 juta pengguna Facebook. Artinya, dalam kurun setahun – Juli 2010 sampai Juli 2011 – jumlah pengguna hanya bertambah 250 juta. Tetapi, dalam 2 bulan, Juli sampai September 2011, jumlah pengguna naik 50 juta.

Capaian jumlah pengguna itu sendiri tak diumumkan secara khusus oleh Zuckerberg, karena ia dan timnya tak lagi menganggap jumlah pengguna sebagai fokus mereka. Meski tak ingin gembar-gembor, tetap saja Facebook terlihat sangat dominan.

Menurut data Experian Hitwise, lembaga pencatat trafik Internet, sudah dua tahun terakhir Facebook meraih posisi puncak sebagai situs terpopuler, khususnya di Amerika Serikat. Popularitas dan tren kunjungan Facebook tumbuh jauh lebih pesat dibanding Google.

Padahal, di tahun 2009 lalu, Facebook masih di peringkat ketiga setelah Google dan Yahoo. Demikian pula dari sisi pencarian. Sekitar 4 persen pencarian, hasilnya merujuk ke Facebook. Ini memaksa Google harus membuat Google+ sebagai tandingan.

Lembaga riset Gartner memprediksi, di 2012, Facebook juga akan menjadi pusat integrasi jejaring sosial dan sosialisasi di Internet. Lewat Facebook Connect dan mekanisme serupa lain, Facebook akan membuat Internet menjadi lebih terdistribusi dan saling interoperable.

Facebook kini melaju meninggalkan jejaring sosial lainnya, dan interoperabilitas ini menjadi sangat penting bagi kelangsungan hidup situs media, jalur komunikasi, dan bahkan situs jejaring sosial lainnya.

Menurut Gartner, situs jejaring sosial lain termasuk Twitter, memang akan terus tumbuh dan mencari tambahan adopsi serta spesialisasi khusus lain dalam berkomunikasi, namun Facebook akan menjadi sangat dominan bagi situs-situs itu.(np)
• VIVAnews

#4 Segera Tiba iPad 3

Dengan prosesor quad core, dan kabarnya juga layar 7 inci.

JUM'AT, 30 DESEMBER 2011, 19:13 WIB
Bayu Galih
VIVAnews--Apple dikabarkan siap merilis tablet terbarunya, iPad 3 di tahun 2012. Sejumlah bocoran menyebut versi terbaru iPad ini siap diluncurkan Apple pada Maret hingga April mendatang.

Kabar beredarnya iPad 3 bermula saat Digitimes mengutip sumbernya di penyuplai Apple mengatakan, perusahaan itu berencana meluncurkannya di bulan ketiga atau keempat tahun 2012. Lalu seperti apa spesifikasi iPad 3?

Taiwan Economic News menyebut iPad 3 akan hadir dengan bentuk lebih ringan dan tipis, sesuai baterai baru yang lebih tipis. Mengutip sumber di dua komponen baterai untuk iPad dan iPhone, Simplo Technology Co dan Dynapack International Technology Corp, media Taiwan itu juga mengatakan kualitas dan daya hidup baterai akan lebih baik dari iPad 2.

Tapi harga iPad 3 diperkirakan akan lebih mahal 20 hingga 30 persen dari iPad 2. Wajar. Sebab, selain melakukan perbaikan di baterai, iPad 3 dikabarkan akan memiliki spesifikasi jauh lebih baik dari iPad 2.
Wall Street Journal memberitakan, iPad 3 siap menggunakan layar retina display, bahkan dengan resolusi 2048 x 1536 px. Bandingkan saja dengan resolusi iPad 2 yang hanya 1024 x 768 px.

Tak hanya itu, iPad juga dikabarkan akan menggunakan quad core processor. Apple memang belum resmi menyebut akan menggunakan chip A6. Tapi jika A6 muncul, maka seperti yang diperkirakan konsultan chip, Linley Group, chip itu setara quad core processor.

Perbaikan juga dikabarkan akan dilakukan di jaringan. Jika sebelumnya iPad 2 hanya menunjang jaringan 36, maka Apple disebut mempersiapkan jarngan 46 LTE di iPad 3.

Untuk fitur, Apple diharapkan juga memasang fitur asistensi berbasis suara, Siri, yang saat ini sudah terpasang di iPhone 4S. Selain itu, untuk mengatasi ukuran lebar, fitur keyboard virtual terpisah dua diperkirakan akan muncul. Sehingga ini akan memudahkan pengguna untuk mengetik dengan dua tangan, sekaligus sambil menggenggam tabletnya.

Kabar terakhir bahkan mengaitkan meningkatnya permintaan layar 7 inch dengan Apple yang ikut mempersiapkan iPad dalam layar 7 inch. Sumber Digitimes menyebut, permintaan layar 7 inch yang naik sebesar 17 persen bahkan melewati permintaan layar 9,7 inch yang saat ini digunakan iPad.

Seperti dikutip dari CNet, Apple pun dikabarkan sedang mempersiapkan iPad dalam layar 7 inch. Ini merupakan antisipasi Apple dalam menghadapi tablet pesaing dalam ukuran 7 inch, antara lain yang dimiliki Amazon Kindle Fire, Barnes & Noble's Nook, juga Samsung Galaxy Tab.(np)
• VIVAnews

#5 QNX, Pertaruhan Hidup Mati BlackBerry

Kabarnya QNX dikembangkan agar bisa menjalankan aplikasi Android di Blackberry.

JUM'AT, 30 DESEMBER 2011, 19:20 WIB
Bayu Galih
VIVAnews--Tahun 2011 bisa dibilang tahun muram bagi produsen BlackBerry, Research in Motion. Penjualan BlackBerry menurun, dan RIM hanya menguasai 9,2 persen pasar smartphone di kuartal ketiga tahun ini. Bandingkan dengan kuartal ketiga tahun lalu mencapai 24 persen.

Tak hanya itu, RIM pun gagal menjual tablet PlayBook, dan merugi sekitar US$ 365 juta akibat target tak tercapai. Parahnya, gangguan jaringan dialami RIM pada Oktober lalu menyebabkan kekecewaan pengguna setia BlackBerry, hingga lari ke iPhone dan smartphone berbasis Android.

Tapi RIM masih memiliki harapan memperbaiki nasib buruk ini, yaitu dengan mengandalkan sistem operasi QNX. BlackBerry 10 pun dipersiapkan sebagai smartphone BlackBerry pertama yang akan menggunakan sistem operasi QNX.

QNX adalah sistem operasi berbasis microkernel yang Unix-like, yang memiliki platform pengembangan lebih baik dari BlackBerry OS7. Sehingga aplikasi di QNX akan lebih kaya dari BlackBerry OS7. Rumor bahkan menyebut QNX sedang dikembangkan agar bisa menjalankan aplikasi Android. Saat ini, QNX sudah digunakan di PlayBook.

Tapi The Guardian mengabarkan, RIM menunda pelucuran BlackBerry 10 hingga akhir 2012. Alasannya, RIM belum bisa memenuhi kebutuhan chip untuk BB seri terbaru itu. Menurut Co-CEO RIM Mike Lazaridis, RIM memang memutuskan akan menggunakan chip dual-core dengan kemampuan LTE.

Blog teknologi BGR, mengutip salah seorang sumber RIM, memberitakan hal mengejutkan. Sumber itu menyebut Lazaridis berbohong, karena RIM bahkan belum memiliki contoh produk BlackBerry 10 yang sedang dikembangkan.
RIM, seperti dikutip dari TechCrunch, langsung membantah kabar ini. RIM menyebut kabar itu tak akurat, dan informasinya tak bisa dipercaya.

Rumor lain menyebut, kondisi RIM yang kian payah menyebabkan sejumlah perusahaan tertarik mengambil alih. Wall Street Journal menyebut Microsoft dan Nokia menjajaki kerja sama mendekati RIM. Sedangkan Reuters menyebut Amazon telah menyewa bank investasi menjajaki potensi merger dengan RIM.

Tahun 2012 memang menjadi pertaruhan bagi RIM agar bertahan di pasar mobile. Itu sebabnya sistem operasi QNX akan menjadi senjata terakhir mereka dari keterpurukan.(np)
• VIVAnews

#6 Mobil Terbang Mulai Dipasarkan

Jarak terbang 750 km, kecepatan maksimal 185 km/jam, konsumsi BBM 18,9 liter/km.

JUM'AT, 30 DESEMBER 2011, 19:27 WIB
Sandy Adam Mahaputra
VIVAnews--Mobil terbang mungkin hanya bisa menjadi tontonan di film fiksi ilmiah ala Holywood. Tapi kini mimpi itu bakal segera terwujud.  Produsen otomotif asal Amerika Serikat, Terrafugia, segera memasarkan mobil terbang, yakni Transition ke seluruh dunia pada tahun 2012.

Kepastian itu disampaikan salah satu pendiri Terrafugia, Car Dietrich. Ia menegaskan, Transition akan menjadi mobil terbang komersial pertama di dunia. "Jika tidak ada hambatan, kami akan meluncurkannya pertama kali di AS, dan menyebar ke Eropa," kata Dietrich.

Dietch menambahkan, setelah Amerika Serikat, mobil terbang ini rencananya akan melayang di pasar Eropa, India, Brazil, dan China. Dipilihnya negara-negara itu, karena Transition dinilai cocok. Ia sekaligus solusi bagi kemacetan di negara yang populasi kendaraannya cukup banyak.

Mobil itu dirancang untuk dua penumpang, mengadopsi desain dan teknologi pesawat ringan. Mulai dari baling-baling di bagian belakang, dan juga sayap di kedua sisi badan mobil.

Transition juga menjanjikan keselamatan di darat maupun udara. Itu terlihat dari struktur bagian bodi depan, yang didesain bisa menyerap benturan. Kemudian cangkang rigid, airbag serta parasut.

Tidak hanya itu, penyempurnaan juga dilakukan di bagian sayap meliputi optimalisasi bentuk sayap (airfoil), dan meletakkan satu baling-baling pendorong di bagian buntut. Dengan penerapan kedua hal itu membuat konsumsi bahan bakar mesin Rotax 912S, yang digunakan mobil terbang ini menjadi lebih efisien.

Adapun ketika di darat, Transition menggunakan gerak-roda-belakang, suspensi independen dan transmisi CVT. Transition jarak terbang 750 km, dengan kecepatan maksimal hingga 185 km/jam, dan konsumsi BBM 18,9 km/liter.

Untuk mengubah modanya dari mobil menjadi pesawat ringan, hanya membutuhkan waktu sekitar 30 detik saja. Tenaga pendorong berasal dari mesin bensin biasa yang bisa diisi di SPBU biasa. Desainnya ramping, membuat mobil ini tetap bisa masuk ke garasi rumah.

Namun, untuk bisa menggunakan mobil terbang ini, pengemudinya harus punya surat izin pilot yang bisa diperoleh setelah 20 jam menerbangkan pesawat. Terrafugia juga menyediakan pelatihan khusus bagi setiap konsumennya untuk bisa menggunakan mobil terbang ini secara aman.

Meski belum resmi dipasarkan, Transition sudah kebanjiran pesanan. Lebih dari 100 orang memesan mobil ini dengan harga per unit US$ 279.000, atau sekitar Rp2,4 miliar. Dengan harga setara supercar, Transition diprediksi akan menjadi ikon kendaraan masa depan. Terutama bagi Anda yang ingin terbebas dari kemacetan.

Terrafugia, yang dalam bahasa latin berarti "kabur dari daratan" itu sudah melakukan tes terbang perdana Transition pada Maret 2009. Terrafugia telah mendapatkan izin dari National Highway Traffic Safety Administration agar mobilnya bisa terbang di udara dari jalanan Amerika pada bulan Juli 2011

Berikut spesifikasi Transition:

- Max, Vh: 100 kts (115 mph, 185 km/h)
- Cruise, Vc: 93 kts (105 mph, 172 km/h)
- Stall, Vs: 45 kts (51 mph, 83 km/h)
- Range: 425 nmi (490 m, 787 km)
- Takeoff: 1700’ (518 m), over 50’ obstacle
- Gross takeoff weight: 650 kg
- Empty Weight: 440 kg
- Useful Load: 210 kg
- Fuel Burn: 5 gph (at cruise)
- On Road: 35 mpg
- Useable Fuel: 87 liter
- Engine: 100 hp Rotax 912S
- Dimensions: On road -- 2 m tall x 2,3 m wide x 6 m long, Flying -- 2 m tall x 8 m wingspan x 6 m long

(Sumber: Spacedaily, Reuters, Terrafugia|np)
• VIVAnews

#7 Mobil Murah di Bawah Rp100 Juta

Produsen mobil India, Tata Motors, ekspansi pasar ke Indonesia.

JUM'AT, 30 DESEMBER 2011, 19:33 WIB
Sandy Adam Mahaputra
VIVAnews--Mulai tahun depan, warga Indonesia lebih mudah mendapatkan mobil baru dengan harga di bawah Rp100 juta. Produsen mobil murah asal India, Tata Motors, memberi sinyal akan melebarkan ekspansi ke pasar otomotif ke tanah air. Mereka bahkan siap memboyong mobil termurah sejagat miliknya, Tata Nano 2012, ke Indonesia.

Dilaporkan Motorbeam, kepastian ekspansi itu diungkapkan oleh orang dalam perusahaan, yang tak mau disebutkan namanya. Ia mengungkapkan, Tata Motors rencananya akan menggandeng perusahaan lokal di Indonesia, dan sudah mencapai kesepakatan.

Masih menurut sumber itu, Tata Motors akan menggunakan cara sama dengan Thailand, saat menggandeng kerja sama dengan Thonburi Automotive Assembly Plant Co Ltd.

Sebelumnya, dalam laporan dikutip dari laman berita DNA India, pada Juli lalu Tata Motors telah membicarakan kerjasama ini dengan PT Astra International Tbk, perusahaan pembuat mobil terbesar di Indonesia. Tapi belum diketahui hasilnya.

Saat dikonfirmasi hal tersebut, PT Astra Internasional Tbk membantah adanya pembicaraan Tata Motor terhadap dirinya. Tetapi, PT Astra Internasional mengaku siap dan selalu terbuka melakukan kerjasama dengan pihak manapun, termasuk Tata Motors.

“Kita selalu ingin bekerjasama dengan siapa pun, kalau memang menguntungkan bagi pasar otomotif Indonesia, kenapa tidak,” kata Head of Public Relations PT Atra Internasional, Yulian Warman, beberapa waktu lalu.

Rencananya Tata memasuki pasar Indonesia melalui jalur kontrak manufaktur. Investasi dengan cara itu dinilai cukup ampuh menekan biaya, dan membuat produknya cepat hadir di Indonesia.

Seperti diketahui, beberapa negara di Asia Tenggara seperti Thailand dan Indonesia sedang dalam proses finalisasi kebijakan dalam pemberian insentif membangun mobil kecil yang efisien, dan hemat bahan bakar. Kebijakan ini langsung mendapatkan respon positif para produsen mobil untuk berinvestasi. Seperti Tata Motors, Suzuki Motor Corporation, dan Honda Motor Corporation.

Spesifikasi
Langkah ekspansi ini dinilai momen tepat, karena Tata Motors baru saja meluncurkan generasi terbaru dari Tata Nano. Mobil mungil itu akan menjadi andalan Tata Motors menandingi kompetitor, yang lebih dulu hadir di Indonesia, seperti Toyota, Daihatsu, Honda, Nissan, General Motor, Ford, Suzuki, Hyundai, KIA.

Dilansir Cardekho, Nano 2012 adalah penyempurnaan dari generasi sebelumnya. Memang dari segi desain eksterior, mobil ini tak mengalami perubahan besar dibandingkan generasi lamanya.

Tata Motors sengaja memberikan sentuhan warna baru pada interior Nano 2012. Ini dilakukan agar ada kesan mewah dan elegan. Ada tiga warna berbeda dari setiap varian Nano 2012. Warna beige menghiasai kabin Nano LX, warna interior hitam di Nano CX, dan warna graphite di Nano Standard.

Nano 2012 masih dibekali mesin 624 cc. Sedangkan konsumsi bensin Tata Nano 2012 menjadi 25,4 km/liter atau lebih irit 1,8 km/liter dari generasi sebelumnya. Tak hanya itu, tenaganya pun naik dari 35 hp menjadi 38 hp. Dan torsinya naik 3 Nm dari 48 Nm.

Mobil yang berbobot 600 kg ini, memiliki kecepatan maksimal 105 km dengan gas buang emisi 92,7 gr/km. Penyempurnaan lainnya dilakukan dari segi suspense, termasuk memasang anti-roll bar di depan.

Di negara asalnya, India, Nano 2012 dibanderol Rs.1,40 lakhs, atau sekitar Rp25 juta (versi terendah). Meski merupakan varian baru, mobil ini tak mengalami perubahan harga dari generasi sebelumnya.

Ada 10 pilihan warna untuk Tata Nano 2012, di mana 8 di antaranya adalah warna baru. Seperti Pearl White, Rouge Red, Aqua Blue, Neon Rush, Serene White, Meteor Silver, Mojito Green, Papaya Orange, Sunshine Yellow, dan Champagne Gold.

Sering terbakar?
Di balik konsep brilian sebagai mobil murah, lega, irit bahan bakar, dan gesit,  Tata Nano rupanya banyak mengecewakan konsumennya di India. Mobil ini punya banyak kekurangan dan cacat dari segi manufaktur. Msialnya, Tata Nano mudah terbakar dan membahayakan konsumennya.

Dilaporkan Autoevolution, sedikitnya dalam sebulan tiga mobil Tata Nano hangus terbakar di jalan India. Mobil yang sudah dipasarkan di Sri Langka itu juga menuai kritikan dan keluhan dari konsumennya.

Ini juga yang akan menjadi pertanyaan besar, apakah mobil murah itu akan aman digunakan oleh masyarakat Indonesia? Tentu kita berharap kelak di 2012, dia hadir sebagai mobil rakyat, dan tak berakhir menjadi onggokan arang di jalanan di Jakarta, atau kota lainnya.(np)
• VIVAnews

#8 Katy Perry Akan Goyang Jakarta

Tiket yang dijual pada 27 November 2011 lalu, sudah ludes diserbu penggemar.

JUM'AT, 30 DESEMBER 2011, 19:37 WIB
Maya Sofia
VIVAnews – Gegap gempita pertunjukkan musik Tanah Air dipastikan tak akan surut di 2012. Pada 2011, Kylie Minogue, Justin Bieber, dan Linkin Park sukses ‘memanaskan’ panggung musik Jakarta. Kini, giliran Katy  Perry, Rod Stewart, Backstreet Boys dan New Kids on the Block (NKOTB) siap menghentak Indonesia pada tahun depan.

Katy Perry, biduan asal Amerika Serikat ini sangat ditunggu kehadirannya oleh penikmat musik Tanah Air. Meski harga tiket konser yang akan digelar di Sentul International Convention Center, pada 19 Januari 2012 itu, terbilang mahal --paling murah Rp650 ribu, toh tak menyurutkan antusiasme para KatyCats (sebutan bagi penggemar Katy Perry). Tiket yang dijual pada 27 November 2011 lalu, sudah ludes diserbu penggemar. Mereka antri sejak malam hari.

"Dari promotor, 6.000 tiket sudah sold out dalam waktu 2-3 hari. Untuk offline terjual 2.500 tiket, dan sisanya di online sudah sold out dalam waktu dua hari berikutnya,” ujar  Brand Manager IsmayaLIVE , Yudha Perdana kepada VIVAnews, Jumat, 23 Desember 2011.

Animo tinggi terhadap konser penyanyi bergaya nyentrik ini juga terlihat dari data traffic Twitter. Pihak promotor mengklaim lebih dari 7,8 juta orang, dan 91,7 juta tweets dari Indonesia membicarakan konser Katy Perry dalam jangka waktu sebulan.

Meski terhitung baru dalam belantika musik dunia, wanita kelahiran 25 Oktober 1984 ini tak miskin prestasi.  Lagu miliknya seperti  ‘Hot n Cold’ sukses nongkrong di puncak tangga lagu di Jerman, Kanada, Denmark dan sejumlah negara lain. Album ketiganya ‘Teenage Dream ‘dirilis 2010 lalu, menyabet empat nominasi di ajang Grammy Awards 2011.(np)
• VIVAnews


#9 Rod Stewart dan NKOTB di Senayan

Harga termahal tiket konser Rod Stewart di Jakarta adalah Rp15 juta.

JUM'AT, 30 DESEMBER 2011, 19:42 WIB
Maya Sofia
VIVAnews—Bila  generasi yang lebih muda akan terhibur oleh Katy Perry manggung di Jakarta, maka generasi era 60-70an akan tersenyum menyambut penyanyi legendaris asal Inggris, Rod Stewart. Dengan suara seraknya yang khas, Stewart akan membuai para penggemar di Jakarta Convention Center, Senayan, pada 31 Januari 2012.

Konser ini terbilang istimewa karena Jakarta adalah satu-satunya kota di Asia Tenggara yang akan disinggahi penyanyi berusia 66 tahun itu. Stewart melawat ke sejumlah negara dalam rangka tur musik dunianya bertajuk 'The Greatest Hits Rod Stewart'. Itu sebabnya, harga tiket konser Rod Stewart sangat fantastis bagi kantong masyarakat Indonesia.

Bila harga tertinggi konser tiket Katy Perry dibanderol Rp2,7 juta, maka harga termahal tiket konser Rod Stewart di Jakarta adalah Rp15 juta. "Rp15 juta kedengarannya mahal, tapi ini benar-benar untuk yang fanatik," ujar Presiden Direktur Big Daddy Live Concert, Michael Rusli.

Sepanjang lima dekade kariernya, Stewart telah menjual lebih dari 100 juta keping album di seluruh dunia . Ia pun dinobatkan sebagai artis paling sukses dalam  'The Billboard Hot 100 Top All-Time Artist' pada 2010 lalu.

Selain Rod Stewart, Jakarta juga akan kedatangan boyband lawas New Kids On The Block (NKOTB) dan Backstreet Boys. NKOTB pernah populer pada 1980-an, dan Backstreet Boys nge-top di tahun 1990-an. Kedua boyband ini menggelar konser bersama dalam tur ‘NKOTBSB’  di Mata Elang International Stadium (MEIS), Ancol, Jakarta, pada 1 Juni 2012.

Konser itu bisa menghapus dahaga para pecinta boyband era 80-90an di tengah maraknya boyband baru saat ini. Dalam waktu kurang dari lima menit, 1.000 tiket pre-sale konser NKOTBSB di Indonesia pun habis terjual.

“Kita jual 1.000 tiket online dan sold out dalam 4 menit. Animonya cukup tinggi. Kita juga nggak menyangka karena sebetulnya konser masih cukup lama. Tapi kita akan buka lagi penjualan tiket bulan Januari,” ujar Rizka dari Image Dynamics, selaku Official Public Relations Konser NKOTBSB di Indonesia.(np)
• VIVAnews

#10 Batman: The Dark Night Rises

Sekuel paling ditunggu dari serial Batman besutan Christopher Nolan. Tak ada seri ke-4.

JUM'AT, 30 DESEMBER 2011, 19:48 WIB
Pipiet Tri Noorastuti
VIVAnews – “Ini benar-benar menyelesaikan semua cerita tentang Batman dan Bruce Wayne. Mungkin akan sedikit mengejutkan bagi sebagian orang. Cerita kami berlatar belakang delapan tahun setelah 'The Dark Knight'. Bruce Wayne yang lebih tua dan tidak dalam kondisi terbaik.”

Tiga tahun diam, Christopher Nolan akhirnya memberi sedikit bocoran tentang kisah pamungkas trilogi Batman arahannya, di Majalah Empire edisi awal November.

Setelah 'Batman Begins' (2005) dan 'The Dark Knight' (2008), sutradara papan atas Hollywood itu segera menutup kisah pahlawan kegelapan di Kota Gotham dengan: 'The Dark Knight Rises' (2012).

Tak akan ada lagi Batman 4. "Saya sudah membereskan (syuting). Itu menjadi kali terakhir saya mengenakan kostum Batman. Semua sudah selesai. Semua sudah berakhir. Itu akan menjadi era terakhir Batman untuk saya dan Nolan," kata Christian Bale, yang kembali dipercaya memerankan Batman dan Bruce Wayne.

Sejumlah karakter yang masih hidup kembali muncul: Jim Gordon (Gary Oldman), Lucius Fox (Morgan Freeman), dan Alfred (Michael Caine). Membaur dengan karakter baru: Bane (Tom Hardy), John Blake (Joseph Gordon-Levitt), Selina Kyle/ Catwoman (Anne Hathaway), dan Miranda Tate (Marion Cotillard).
Tanpa Joker yang menjadi primadona di 'The Dark Knight', 'The Dark Knight Rises' akan menghadirkan karakter Bane sebagai supervillain yang akan menjadi lawan tangguh Batman.

Bane akan memberi tantangan yang belum pernah Batman temui. Memberi ujian fisik dan mental. "Dia brutal. Brutal. Dia bisa memanipulasi sendi, meretakkan tengkorak, menghancurkan tulang rusuk, mematahkan leher, dan merobek dada. Dia memiliki mental teroris dengan aksi brutal."

Desainer kostum Lindy Hening memberi bocoran sosok Bane. "Dia terluka di awal cerita. Dia sakit, dan membutuhkan gas untuk bertahan hidup. Dia tak bisa hidup tanpa topengnya, yang mengalirkan gas dari dua tabung di punggung," ujarnya.

Lewat thriller berdurasi 1:45, 'The Dark Knight Rises' menguras rasa penasaran jutaan penikmat film yang tak sabar menunggu tayang perdana 20 Juli 2012. Diunggah 18 Juli 2011, thriller film produksi Warner Bros itu mencetak hits di YouTube dengan hampir empat juta pengakses.

Internet Movie Database (IMDb) menempatkan 'The Dark Knight Rises' di urutan teratas daftar 22 kisah sinematografi paling ditunggu di tahun 2012. Disusul 'The Avengers', dan 'The Hobbit: An Unexpected Journey'. Reuters sepakat dengan nominator ini.

Film-film superhero mendominasi di tengah sederet film menarik yang hadir tahun depan: 'The Twilight Saga: Breaking Dawn, Part 2', 'The Bourne Legacy', 'Men in Black III', 'The Amazing Spider-Man', 'Dark Shadows', 'Snow White and The Huntsman', 'The Great Gatsby', dan 'Mirror Mirror'.
'The Avengers' memancing penasaran karena menampilkan sejumlah karakter superhero dari komik Marvel sekaligus: Hulk (Mark Ruffalo), Iron Man (Robert Downey), Captain America (Chris Evans), Thor (Chris Hemsworth), Black Widow (Scarlett Johansson), dan Agent Coulson (Clark Gregg).
Sementara 'The Hobbit: An Unexpected Journey' sudah pasti hanyut dengan ketenaran trilogi ‘The Lord of The Ring’. Setelah delapan tahun, prekuel  'The Lord of the Ring' itu akan kembali mempertemukan penonton dengan para hobbit dan keajaiban dunia Middle Earth.

Sejumlah bintang dari trilogi garapan Peter Jackson itu kembali tampil: Gandalf The Grey (Ian McKellen), Galadriel (Cate Blanchett), Legolas (Orlando Bloom), Saruman (Christopher Lee), dan Gollum (Andy Serkis).
'The Hobbit: An Unexpected Journey' rencananya rilis 14 Desember 2012.
Mengambil latar 60 tahun sebelum kisah 'The Lord of the Ring', film ini menyorot kehidupan dan petualangan Bilbo Baggins (Martin Freeman), hobbit yang mewariskan One Ring ke Frodo Baggins di 'The Lord of the Ring'.
'The Twilight Saga: Breaking Dawn, Part 2' mungkin masih akan mengambil banyak penonton, tapi film-film superhero mungkin akan jauh lebih dahsyat menyihir dunia. Terutama 'The Dark Knight Rises', dan 'The Hobbit: An Unexpected Journey'.

Sutradara hebat

Banyak faktor yang membuat 'The Dark Knight Rises' dan 'The Hobbit: An Unexpected Journey' menjadi nominator paling dinanti tahun depan. Tak sekadar melihat cerita, tapi juga citra seniman-seniman hebat yang menggarapnya.

Orang sudah kadung tersihir dengan karya-karya Nolan. Sentuhan tangan dingin sutradara asal Inggris ini berhasil memulihkan trauma penonton atas film 'Batman and Robin' (1997), yang dianggap menghancurkan citra Batman sebagai pahlawan kegelapan.

'Batman Begins' yang rilis tahun 2005 sukses mengembalikan karakter sejati sang caped crusader. Sedangkan 'The Dark Knight', yang rilis tiga tahun setelahnya, meledak dengan pendapatan tiga kali lipat. 'The Dark Knight' bahkan bertengger di posisi ketiga sebagai film terlaris sepanjang masa, setelah 'Avatar' dan 'Titanic'.

Nolan memang dikenal sebagai sutradara box office. Hampir semua filmnya menuai pujian dengan pendapatan spektakuler. Yang mungkin masih hangat di ingatan adalah 'Inception', film tentang petualangan di alam mimpi yang merebut empat Piala Oscar.

Bagaimana dengan Peter Jackson? Melihat kesuksesan trilogi 'The Lord of The Ring' rasanya sulit meremehkan sutradara asal Selandia Baru ini. Tak hanya meraup keuntungan besar, film kolosal itu yang diangkat dari novel karya JRR Tolkien itu juga banjir pujian dengan sederet penghargaan bergengsi.
Menilik rekam jejak itu tak heran jika banyak yang tak sabar menanti kehadiran 'The Dark Knight Rises' dan 'The Hobbit: An Unexpected Journey'.(np)
• VIVAnews

#11 Piala Euro 2012

Tuan rumah dua negara, Polandia dan Ukraina. Persiapan kurang matang?

JUM'AT, 30 DESEMBER 2011, 19:56 WIB
Edwan Ruriansyah
VIVAnews - Dengan slogan Creating History Together, dua negara Eropa Timur, Polandia dan Ukraina, mencoba mengukir sejarah menjadi tuan rumah Piala Eropa atau biasa disebut Euro 2012. Mereka juga akan menyuguhkan tontonan spektakuler yang membuat mata penggila bola tak berkedip.

Euro 2012 tak pelak adalah tontonan spektakuler pada 2012. Sebanyak 16 negara terbaik Eropa akan unjuk kekuatan menjadi tim terakhir yang mengangkat trofi Henry Delaunay pada 1 Juli 2012.
Euro 2012 menjadi kejuaraan antarnegara Eropa ke-14 yang digelar oleh UEFA.
Ajang Euro 2012 kembali dipentaskan di Eropa Timur, setelah terakhir di Yugoslavia pada 1976.

Tercatat 16 negara peserta akan tampil, dan menyajikan persaingan ketat di tengah kekuatan sepakbola Eropa yang kian merata. Para penantang juga akan mencoba menggoyang superioritas Spanyol, juara Euro 2008 dan Piala Dunia 2010. Apalagi, ini kali terakhir Euro akan diikuti 16 tim. Pada Euro 2016 akan mementaskan 24 negara.

Sedangkan kualifikasi diikuti 51 negara antara Agustus 2010-November 2011. Mereka memperebutkan 14 tiket menemani dua negara tuan rumah. Juara Euro 2012 akan tampil dalam Piala Konfederasi 2013 di Brasil.

Persiapan meragukan?
Persiapan duet tuan rumah Polandia dan Ukraina terbilang memprihatinkan. Pada Januari 2008, Presiden UEFA, Michel Platini mengancam kedua negara itu agar segera merampungkan pembangunan venue, dan memperbaiki infrastruktur pendukung. Apalagi, Skotlandia sudah mengajukan diri sebagai tuan rumah pengganti. Tapi, pada Juni 2008 pihak UEFA menegaskan takkan ada tuan rumah pengganti.

Ukraina mengalami banyak masalah, sehingga terpaksa menunda renovasi Olympic Stadium di Kiev. Mereka juga terkendala pendanaan pembangunan infrastruktur ini akibat krisis ekonomi. Setelah melakukan inspeksi pada April 2009, Platini menyebut Ukraina tetap layak menjadi tuan rumah.

Sedangkan Polandia digoyang isu korupsi di Asosiasi Sepakbola mereka (PZPN) pada September 2008. UEFA memperingatkan Polandia bisa kehilangan hak sebagai tuan rumah. Beruntung, Polandia menuntaskan masalah internal ini. Tapi pada kunjungannya ke Polandia, April 2009, Platini mengatakan persiapan tuan rumah sudah berada di jalur yang benar. Tak ada masalah lagi.

Pada Mei 2009, UEFA mengumumkan empat kota Polandia: Warsawa, Poznan, Wroc?aw and Gdansk sebagai tuan rumah. Sedangkan akibat persiapan lambat, Ukraina baru memberikan nominasi kota-kota yakni Lviv, Donetsk dan Kharkiv.
Pada September 2009, Platini mengumumkan, "Ukraina mengalami kemajuan pesat dalam persiapan." Ia juga mengonfirmasi empat kota: Donetsk, Kharkiv, Kiev dan Lviv sebagai tuan rumah. Bahkan, Kiev juga menjadi kota penyelenggara Final.

Selain Donetsk dan Kharkiv, kota-kota tuan rumah baik Polandia maupun Ukraina adalah tujuan wisatawan. Bahkan, kota itu kini dilengkapi sarana transportasi lebih modern.

Tiket lebih murah

Polandia dan Ukraina kurang beruntung, karena Euro 2012 digelar saat krisis ekonomi melanda Eropa. Beberapa negara kerap disebut PIIGS: Portugal, Italia, Irlandia, Greece (Yunani) dan Spanyol kini mengalami krisis utang.
Untuk itu, panitia lokal dan UEFA mengambil kebijakan menurunkan harga tiket. Tiket Euro 2012 lebih murah 50%, alias hanya setengah harga dari Euro 2008.

Harga tiket berkisar antara termurah €30, hingga termahal €600. Daya beli penduduk Polandia dan Ukraina menjadi pertimbangan utama penurunan harga tiket ini. Harga termurah misalnya setengah harga tiket Euro 2008 di Austria dan Swiss.

Total 1,4 juta tiket dicetak untuk putaran final Euro 2012. Tercatat hanya 85% dijual kepada suporter melalui online, atau langsung ke panitia melalui sponsor resmi Euro 2012.

Suporter tim yang bertanding akan diberikan jatah. Tapi persentasenya kecil, yakni 16% untuk tiap tim di putaran grup. Untuk perempat final dan semifinal dijual 5.000 tiket bagi masing-masing tim, serta 9.000 tiket untuk setiap tim finalis.

Tiket Euro 2012 memiliki 3 kategori yakni Kategori 1 di pinggir lapangan, Kategori 2 di tribun atas dan Kategori 3 di belakang gawang. Tiket ini sudah mulai dijual sejak 1 Maret 2011 secara online di situs UEFA.

Biaya lebih dari Rp200 Triliun 
Polandia dan Ukraina masih mampu mengerahkan segala sumber daya memastikan tetap jadi tuan rumah. Menurut EU Infrastructure, Polandia mengucurkan dana €23 miliar atau Rp272,4 triliun lebih untuk menjadi tuan rumah Euro. Sedangkan Ukraina merogoh hampir €20 miliar atau Rp236,9 triliun. Artinya, kedua negara ini mengeluarkan biaya Rp200 triliun lebih untuk menjadi tuan rumah.

Sebagian besar biaya itu digunakan membangun stadion dan infrastruktur. Maklum, tiga stadion di Polandia: National Stadium (Warsawa), PGE Arena (Gdansk) dan Municipal Stadium (Wroclaw) merupakan stadion baru. Satu stadion di Poznan, Municipal Stadium sedang direnovasi dan akan siap saat penyelenggaraan.

Ukraina juga membangun stadion baru: Olympic Stadium (Kiev), Donbass Arena (Donetsk) dan Lviv Arena. Satu stadion lainnya Metalist Stadium di Kharkiv juga sedang direnovasi. 

Kedua negara ini masing-masing diprediksi akan mengantongi keuntungan bersih €200 juta di tengah krisis. Sebagai perbandingan, analisis dampak ekonomi seusai Euro 2004 Portugal yakni 300 juta dolar AS. Jumlah itu sama dengan Euro 2008 di Swiss, dan Austria. (np)
• VIVAnews

#12 Olimpiade 2012 di London

10,500 atlet dari 204 negara bertarung memperebutkan medali emas di 26 cabang olahraga.

JUM'AT, 30 DESEMBER 2011, 20:00 WIB
Haryanto Tri Wibowo
VIVAnews--Meski menghabiskan dana lebih dari 9 miliar pound atau setara Rp127 triliun, Olimpiade 2012 London dipastikan tak akan kalah megahnya. Sekitar 4 miliar orang dari seluruh dunia diprediksi akan menyaksikan upacara pembukaan Olimpiade 2012 pada 27 Juli 2012.

Perhelatan multi event olahraga terbesar di dunia akan kembali digelar di London, Inggris, setelah sebelumnya kota terbesar di Inggris menjadi tuan rumah pada 1908, dan 1948. Diharapkan akan ada sekitar 10,500 atlet dari 204 negara yang bertarung memperebutkan medali emas di 26 cabang olahraga.

Total Inggris harus mengeluarkan dana lebih dari 9 miliar pound untuk bisa menggelar Olimpiade 2012. Dana 9 miliar pound tersebut, 64 persen di antaranya didapat dari pemerintah pusat, 23 persen dari uang ajang lotre nasional, dan 13 persen dari pemerintah daerah London.

Angka 9 miliar pound jauh di bawah yang harus dikeluarkan Athena untuk menggelar Olimpiade 2004 dengan 15 miliar dolar AS, atau Beijing (China) yang menggelontorkan 40 miliar dolar AS untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2008.

Inggris sendiri beruntung tak harus mengeluarkan dana besar membangun venue-venue anyar di London. Soalnya, kota terbesar di Inggris itu sudah memiliki venue-venue kelas dunia sebelumnya. Termasuk Stadion Wembley, dan Wimbledon All England Club.

Untuk Olimpiade 2012 ini, praktis hanya Olympic Park yang merupakan bangunan baru di London. Olympic Park yang dibangun di lahan sekitar 250 hektar di Stratford City, berisikan enam venue olahraga. Termasuk Olympic Stadium, tempat upacara pembukaan dan penutupan, 27 Juli 2012 dan 12 Agustus 2012. Selain itu, ada wisma atlet yang akan dihuni atlet selama perhelatan Olimpiade 2012.

Olimpade London diyakini Lloyds TSB akan menyerap keuntungan sekitar 10 miliar pound (setara Rp147 triliun) bagi perekonomian Inggris secara keseluruhan. Sedangkan pendapatan dari turis selama Oliimpiade 2012 diperkirakan mencapai 2 miliar pound (setara Rp28 triliun).

Dibutuhkan sekitar 2,8 juta buruh mengerjakan pembangunan renovasi venue. Untuk keamanan, pihak Pemerintah Inggris mengerahkan 13,500 anggota angkatan bersenjata dan 10,000 anggota polisi. Ini adalah operasi keamanan terbesar Inggris selama satu dekade terakhir.  Jumlah tentara itu jauh lebih besar dari yang dikerahkan Inggris untuk pengamanan di Afghanistan.

Pemesanan tiket upacara penutupan serta pertandingan Olimpiade London sendiri telah dibuka sejak 15 Maret 2011, dan akan terus hingga musim panas 2012. Panitia Lokal Olimpiade London (LOCOG) menargetkan pendapatan hingga 400 juta pound (setara Rp5,6 triliun) dari hasil penjualan tiket.

Harga tiket berkisar dari 32 dolar AS (setara Rp287 ribu), sampai 3,220 dolar AS (setara Rp28,93 juta) pada acara pertandingan. Tiket termurah untuk upacara pembukaan pada 27 Juli 2012 adalah 32,2 dolar AS (setara Rp289 ribu). Sedangkan tempat duduk paling mahal adalah 1,160 dolar AS (setara Rp10,42 juta).

Sementara itu estafet obor Olimpiade 2012 akan berlangsung 19 Mei 2012 hingga 27 Juli 2012 mengelilingi Britania Raya dari Land's End hingga London. Obor api Olimpiade 2012 akan tiba di Inggris pada 18 Mei 2012 dari Athena, Yunani.

Maskot untuk Olimpiade London adalah Wenlock dan Mandeville, yang digambarkan sebagai dua batang besi baja. Karakter Wenlock terinspirasi dari sebuah daerah di Inggris, Much Wenlock, tempat di mana Wenlock Olympian Society menggelar pertandingan olahraga yang diyakini menginspirasi ajang Olimpiade modern.

Sedangkan karakter Mandeville terinspirasi The Stoke Mandeville Games, yang juga  mengilhami digelarnya Paralympic Games. London sendiri juga akan menjadi tuan rumah Paralympic 2012 pada 29 Agustus-9 September 2012.

Jadwal Olimpiade London yang berlangsung 20 Juli-19 Agustus 2012 sempat mendapat protes dari negara-negara peserta muslim. Pasalnya, jadwal itu bertepatan dengan Ramadan, dan para atlet muslim harus menjalani puasa. Namun, pihak LOCOG tak akan mengubah jadwal yang telah ditetapkan.

Juara bertahan Olimpiade sendiri adalah China, yang mengoleksi 51 emas, 21 perak dan 28 perunggu pada Olimpiade 2008 di Beijing. Inggris hanya berada di posisi keempat dengan torehan 19 emas, 13 perak dan 15 perunggu.

Indonesia sendiri hingga saat ini baru memastikan tampil di empat cabang di Olimpiade 2012, yakni renang, bulutangkis, angkat besi dan panahan. Untuk renang, Indonesia akan turun di empat nomor, angkat besi di lima nomor, dan panahan satu nomor.(np)
• VIVAnews

0 comments:

Post a Comment

For friends of bloggers who frequently read articles in this blog, please Copy / Paste and share it anywhere you like. However, if acceptable please indicate the source of the articles link blogger friend share (copy / paste). Let Share information for us all, because now the information is easily obtained, and this blog is one source of reliable information, becauseof the already trusted sources,


Reading is one of the best ways to get information
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...