Translate

10 Cara Meningkatkan Keamanan Mac

• LuckyDelapan News

Serangan malware Mac OS X meningkat. Siagalah dengan perlindungan ini.


VIVAnews - Saat ini pengguna Mac OS X mencapai lebih dari 100 juta di seluruh dunia. Jumlah ini terus berkembang pesat selama beberapa tahun terakhir.

Seiring pertumbuhan tersebut, malware Mac OS X pun juga terus bertambah. Trojan seperti Mac OS X version of DNSChanger menjadi ancaman  yang meledak pada 2011.

Malware versi pertama Mac OS X, Trojan Flashback muncul dan meluas sampai Maret 2012. Menurut data yang dikumpulkan Kaspersky Lab, hampir 700 ribu pengguna terinfeksi sampai dengan awal April ini.

Jumlah ini dapat terus meningkat kendati Mac OS X diklaim sebagai sistem yang relatif aman. Dalam keterangan tertulisnya, Costin Raiu dari Kaspersky Lab Expert memberikan rekomendasi mengenai 10 tips sederhana untuk meningkatkan keamanan Mac.

1. Buatlah akun non-admin untuk kegiatan sehari-hari
Untuk kegiatan sehari-hari, Kaspersky merekomendasikan pengguna untuk membuat akun non-admin dan log in menggunakan akun administrator hanya saat ada keperluan saja.

Untuk membuat akun tersebut, masuklah ke dalam pilihan “Accounts” pada “Sistem Preference”. Buatlah akun non-administrator. Gunakan akun baru ini untuk kegiatan sehari-hari, seperti email dan browsing. Hal ini sangat membantu untuk membatasi kerusakan dari ancaman zero-day dan serangan malware drive-by.

2.    Gunakan browser dengan sandbox dan miliki rekam
jejak yang solid untuk memperbaiki isu keamanan dalam
prompt manner


Kaspersky merekomendasikan Google Chrome untuk beragam alasan. Alasannya karena browser ini lebih sering diperbaharui dibandingkan dengan browser Safari milik Apple.

Sebagai tambahan untuk perlindungan keamanan, Chrome dilengkapi dengan versi sandbox dari Flash Player yang memberikan penghalang untuk laman berbahaya. Google Chrome juga memiliki mekanisme pembaruan stabil yang menghilangkan pembatas pada kerapuhan keamanan. Pastikan browser barunya sebagai browser utama.

3.    Hapus Flash Player yang berdiri sendiri

Versi lama dari Flash Player sangat beresiko pada saat pengguna melakukan jelajah di internet. Untuk menghapus Flash, Anda bisa menggunakan dua pilihan yang disediakan Adobe yakni versi 10.4 – 10.5, 10.6,  dan lainnya.

4.    Perbaiki masalah pada Java
Hapus Java dari komputer. Tapi sayangnya, Apple tidak memperkenankan Oracle memperbarui Java untuk Mac secara langsung. Apple melakukannya sendiri, biasanya beberapa bulan kemudian. Hal ini membuat interval antara saat virus mulai menyebar dan pembaruan vendor anti-virus atau "window of exposure" pada Mac membutuhkan waktu lama dibanding pengguna PC. Pilihan Java Preferences terdapat pada /Application/Utilities.

Jangan centang kotak di sebelah daftar versi pada tab General!

Jika Anda membutuhkan Java untuk aplikasi spesifik, sangat penting untuk menonaktifkan Java pada Safari dan browser lainnya. Untuk Safari, masuklah ke dalam Preference Security Web Content dan jangan centang “Enable Java”.

5.    Jalankan “Software Update” dan tambahkan langsung pada perangkat ketika pembaruan sudah tersedia

Belakangan ini banyak penyerangan terhadap Mac OS X mengambil keuntungan dari software tua atau tidak terbarui. Biasanya Microsoft Office, Adobe Reader/Acrobat, dan Java Oracle, dan banyak aplikasi lainnya yang dapat disalahgunakan juga.

Office untuk Mac 2011 lebih baik daripada keamanan Office untuk Mac 2008. Jika Anda masih menggunakan 2008, kami merekomendasikan Anda untuk memperbaruinya menjadi 2011 segera. Kapanpun Anda melihat Apple “Software Update”, pastikan Anda melakukan perbaikan dan reboot perangkat saat diperlukan.

Jika memungkinkan, coba untuk membuat frase unik dan kuat untuk sumber dan simpan mereka dalam gantungan kunci daripada harus mengingat kata sandi yang lebih mudah. Kapanpun pelaku kriminal dunia maya menyerang, mereka akan menggunakan kata sandi yang sama pada semua akun Anda – Gmail, Facebook, eBay, PayPal dan lainnya. Oleh karena itu, dengan memiliki kata sandi yang kuat dan unik pada setiap akun, mampu menciptakan keamanan yang lebih kuat untuk perlindungan online.

 6.    Gunakan pengelolaan kata sandi untuk mengatasi penyerangan phising

Apa yang dimaksud dengan kata sandi yang penting? Ini berguna untuk akun yang dapat menciptakan kerugian finansial, seperti eBay, PayPal, online banking, dan lain-lain. Jika terjadi, maka Anda tidak akan kehilangan seluruh kata sandi.

7.    Jangan aktifkan IPv6, AirPort dan Bluetooth saat tidak dipergunakan

Matikan koneksi saat tidak diperlukan. Terutama untuk penggunaan IPv6, AirPort dan Bluetooth yang menjadi celah bagi para peretas (hacker) dalam menyerang. IPv6 merupakan protocol komunikasi terbaru yang dapat dipergunakan pada Mac. Hal ini masih sangat jarang dipergunakan. Kendati Kaspersky pernah melihat salah satu hotel mampu mendukung layanan IPv6 yang secara paralel dan dapat terhubung dengan IPv4. Akan tetapi, mungkin akan lebih aman untuk mematikan IPv6.

8.    Nyalakan full disk encryption (Mac OS X 10.7+) atau Firevault


Pada Mac OS X Lion, Apple memperbaharui solusi encryption (FileVault) dan menambahkan full disk encryption yang dikenal dengan sebutan “FileVault 2”. Hal ini memberi keuntungan pada keamanan untuk keseluruhan disk dibandingkan dengan home folder dan bisa sangat berguna ketika laptop Anda dicuri.

9.    Perbaharui Adobe Reader menjadi Versi 10 atau yang lebih baru

Adobe Reader telah menjadi target incaran bagi pelaku kriminal dunia maya pada platform Windows dan masih menjadi peringkat tertinggi pada perangkat di seluruh dunia. Versi 10 lebih aman daripada versi sebelumnya. Pastikan Anda mendapatkan versi terbarunya dengan cara mengunduh pada halaman Adobe. Sayangnya, banyak dari versi lama masih tersedia untuk diunduh dan sangat membingungkan.

 10. Pasang solusi keamanan yang bagus 

“Mac tidak terinfeksi virus” telah menjadi tema yang biasa kita dengar pada iklan. Gambaran PC yang “sakit” dan Mac yang “sehat” telah beredar sejak 2006.

Enam tahun telah berlalu dan situasi berubah dramatis. Medio 2011, pelaku kriminal dunia maya mulai menekan DNSChangers dan memalsukan anti-virus pada pengguna Mac dengan cara yang agresif. Trojan Flashback yang muncul pada September 2011 menyebabkan gebrakan besar pada Maret 2012 semenjak setengah juta pengguna di seluruh dunia terinfeksi.

Tidak selamanya Mac bebas penyakit. Waspadalah!

  • LuckyDelapan News

0 comments:

Post a Comment

For friends of bloggers who frequently read articles in this blog, please Copy / Paste and share it anywhere you like. However, if acceptable please indicate the source of the articles link blogger friend share (copy / paste). Let Share information for us all, because now the information is easily obtained, and this blog is one source of reliable information, becauseof the already trusted sources,


Reading is one of the best ways to get information
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...