Translate

Gempa Guncang Bali 13 oktober 2011 Dengan Kekuatan 6,8 SR


LuckyDelapan News



Gempa 6,8 SR Guncang Bali


TEMPO InteraktifJakarta - Badan Nasional Penanggulangan Bencana menegaskan bahwa gempa yang terjadi pada pukul 10.16 Waktu Indonesia Tengah di Bali tidak berpotensi tsunami.

"Kedalaman 10 kilometer di bawah laut tidak berpotensi tsunami," tulis Kepala Pusat Data Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho yang diterima Kamis, 13 Oktober 2011.

Gempa sekuat 6,8 skala Richter ini terjadi pada lokasi 9.89 Lintang Selatan-114.53 Bujur Timur atau sekitar 143 kilometer Barat daya Nusa Dua, Bali. Getaran gempa dirasakan hingga Banyuwangi dan Blitar, Jawa Timur.



untuk wilayah saya sendiri di daerah Panjer, Denpasar Selatan, Bali, tidak terjadi kerusakan, dari apa yang sudah saya pantau, Gempa kali ini terbilang cukup dahsyat, Di lain tempat, semua Sekolah dari SD,SMP,sampai SMA dipulangkan, di daerah Denpasar


sumber : http://www.tempointeraktif.com/hg/nusa/2011/10/13/brk,20111013-361183,id.html

BEBERAPA SUMBER LAINNYA




VIVAnews - Gempa berkekuatan 6,8 skala richter mengguncang Pulau Dewata. Gempa besar itu berada di kedalaman 10 kilometer dari permukaan laut.

Informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut, gempa berkekuatan 6,8 SR terjadi sekitar pukul 10.16 WIB di Nusa Dua, Bali, Kamis 13 Oktober 2011.

Episentrum gempa diketahui berada di lokasi 9.89 Lintang Selatan dan 114.53 Bujur Timur. Pusat gempa berada pada jarak 143 kilometer arah Barat Daya, Nusa Dua, Bali.

Belum diketahui adanya data korban jiwa, kerusakan atau korban luka akibat gempa besar. Gempa besar ini berada di kedalaman dangkal. Belum ada informasi akan adanya gelombang tsunami atau tidak.

Tanggal 10 Maret 2011, Bali juga pernah dilanda gempa. Skalanya saat itu 6,6 Skala Ricther. Gempa itu membuat sejumlah wisatawan panik. Getaran gempa saat itu terasa hampir satu menit.

"Tidur seperti digoyang-goyang," kata Nur Farida Ahniar, wartawan VIVAnews.com yang tengah berada di kawasan Nusa Dua, Bali, Jumat, 10 Maret 2011 dini hari. Nur mengisahkan bahwa sesudah bangun, ia melihat
kaca-kaca di kamar hotel bergetar.

Lemari kayu berbunyi derit. Sejumlah penghuni hotel juga berlari keluar. Namun, setelah getaran hilang, mereka segera masuk kembali ke hotel.
http://nasional.vivanews.com/news/re...edalaman-10-km

Gempa 6,8 SR, Pura di Bali Runtuh

VIVAnews - Sebuah gempa berkekuatan 6,8 skala Richter mengguncang wilayah Bali. Sebuah pura di Jalan Pertigaan Nusa Indah runtbuh akibat gempa ini.

Pantauan VIVAnews, Kamis 13 Oktober 2011, warga di daerah Nusa Indah, Bali, langsung berlarian ke luar gedung. Bahkan para pengendara motor dan mobil langsung menghentikan kendaraannya dan turun dari kendaraannya.

Selain itu, sebuah pura di kawasan Nusa Indah runtuh. Meski demikian, belum diketahui apakah ada korban jiwa atau tidak.

Gempa berkekuatan 6,8 skala Richter ini terjadi pada pukul 10.16 WIB. Berada di 143 km Barat Daya Nusa Dua Bali. Gempa berpusat di kedalaman 10 km.
http://nasional.vivanews.com/news/re...pa--pura-roboh

Gempa di Bali Tidak Berpotensi Tsunami

Jakarta - Gempa berskala 6,8 SR yang menguncang tsunami memang dirasakan cukup kencang. Namun gempa ini tidak berpotensi tsunami.

"Tidak berpotensi tsunami. Hanya dirasakan cukup kuat," kata staf operasional informasi gempa bumi BMKG, Hendra Rahman saat dihubungi detikcom, Kamis (13/10/2011).

Hendra mengatakan, gempa ini dirasakan cukup kuat di pusat gempa berada di bawah laut dengan 143 km barat daya, Nusa Dua, Bali. Magnitudenya 6,8 SR dengan kedalaman 10 km. Terjadi pada pukul 10.16 WIB. Mengenai informasi bangunan rusak atau korban jiwa, Hendra mengaku belum mengetahuinya.

"Kalau informasi bangunan roboh belum ada laporan," jelasnya.
http://www.detiknews..com/read/2011/...otensi-tsunami

Gempa Bali Kejutkan Warga Asing Pantai Kuta

Bali - Warga negara asing alias bule-bule di Pantai Kuta Bali juga merasakan gempa 6,8 SR yang berpusat di Nusa Dua. Mereka yang sedang berjemur dengan berbikini di Pantai Kuta berhamburan menyelamatkan diri.

"Wisatawan yang sedang berjemur dengan bikini merasakan gempa. Mereka menghentikan aktivitas berjemurnya dan berdiri," ujar Satgas Pantai Kuta, Gusti Ngurah Tresna di Pantai Kuta, Bali, Kamis (13/10/2011).

Menurut Gusti, wisawatan yang sedang bermain air di dalam pantai tetap melakukan aktivitasnya. Sebab mereka tidak merasakan adanya gempa.

Selain di Pantai Kuta, ratusan wisatawan berhamburan keluar dari restoran dan hotel di kawasan Kuta Square. Mereka berlari dan panik.

Sementara itu, meski ada gempa 6,8 SR, sirine di Pantai Kuta tidak berbunyi. Ini artinya gempa tersebut tidak menimbulkan tsunami.
http://www.detiknews..com/read/2011/1...di-pantai-kuta



Belum diketahui adanya data korban jiwa, kerusakan atau korban luka akibat gempa ini. 

semoga diberikan keselamatan dan ketabahan...senantiasa dalam lindunganNYA untuk semua teman , sahabat dan kolega di BALI 


Tanggal 10 Maret 2011 lalu,  Bali juga pernah dilanda gempa.  Skalanya saat itu 6,6  Skala Ricther. Gempa pada Maret lalu itu  membuat sejumlah wisatawan panik. Getaran gempa saat itu  terasa hampir satu menit.

0 comments:

Post a Comment

For friends of bloggers who frequently read articles in this blog, please Copy / Paste and share it anywhere you like. However, if acceptable please indicate the source of the articles link blogger friend share (copy / paste). Let Share information for us all, because now the information is easily obtained, and this blog is one source of reliable information, becauseof the already trusted sources,


Reading is one of the best ways to get information
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...