Translate

Sepuluh Juta Remaja Dunia Terjangkit HIV/AIDS

Palangkaraya, (tvOne)

Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kalimantan Tengah (Kalteng), Benny Benu, menyatakan berdasarkan hasil data penelitian, ada 10 juta remaja di dunia terjangkit HIV/AIDS.

"Remaja dan HIV/AIDS kini semakin sering kita dengar.Hal ini sangatlah masuk akal karena remaja dengan mobilitas dan interaksi di lingkungan sosialnya memungkinkan terjadi kontak virus HIV dari pergaulannya," kata Benny Benu di Palangkaraya, Minggu (8/8).

Menurut Benny Benu, remaja saat ini sedang berada dalam kegundahan situasi karena lemahnya akses informasi tentang HIV/AIDS yang benar, tekanan dari pergaulan sebaya, ketidakmampuan mengkalkulasikan risiko, ketidakberdayaan dalam mengambil keputusan dalam menjalankan aktifitas seks yang aman, dan terbatasnya pelayanan kondom.

"Sebenarnya remaja memiliki hak reproduksi dan seksual yang merupakan bagian dari hak asasi manusia. Ini penting untuk disimak karena belum banyak remaja dan orangtua dewasa menyadari hal ini," ujarnya.

Diutarakannya, Indonesia salah satu dari 178 negara di dunia yang telah ikut menandatangani rencana aksi dari Konferensi Internasional Kependudukan dan Pembangunan. Rencana aksi itu mengisyaratkan negara-negara di dunia didorong untuk menyediakan informasi lengkap kepada remaja.

"Informasi yang lengkap itu di antaranya ialah bagaimana mereka dapat melindungi diri dari kehamilan yang tidak diinginkan, infeksi menular seksual, dan HIV/AIDS," ujarnya.

Dijelaskannya, peran remaja sendiri di kampanye millenium dalam konsep pembangunan dunia secara global yang disebut dengan millennium development Goals (MDGs).


"Dalam kampanye ini disepakati oleh pimpinan negara-negara di dunia, ada delapan masalah yang perlu diatasi bersama. Salah satunya permasalah HIV/AID," katanya.

Kemudian, sambung dia, di Indonesia sendiri jumlah remaja berusia 10-24 tahun mencapai 65 juta orang atau 30 persen dari total penduduk negeri ini. Sekitar 15 sampai 20 persen remaja usia sekolah sudah melakukan hubungan seksual di luar nikah.


"Sebanyak 15 juta wanita dan perempuan di Indonesia yang berusia 15 sampai 19 tahun melahirkan setiap tahunnya. Bahkan hingga Maret 2010 telah tercatat 20.564 kasus AIDS positif. Melihat hal ini tentunya orangtua, guru dan lingkungan memperhatikan hal ini," tegasnya. (Ant)

0 comments:

Post a Comment

For friends of bloggers who frequently read articles in this blog, please Copy / Paste and share it anywhere you like. However, if acceptable please indicate the source of the articles link blogger friend share (copy / paste). Let Share information for us all, because now the information is easily obtained, and this blog is one source of reliable information, becauseof the already trusted sources,


Reading is one of the best ways to get information
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...